Powered By Blogger

"the mindprogressor"

Foto saya
Trainer, konsultan, dan enterpreneur pendidikan yang senantiasa produktif menghasilkan karya karya brilliant. Usaha keras, kecepatan dalam belajar dan kemauan membuatnya bergabung Platinum corporation, lembaga konsultan pendidikan. Sampai saat masih menyelesaikan proyek besarnya dalam menulis buku “Magic Learning”, yang akan menjadi tolak ukur pembelajaran, serta pengkondisian lingkungan dan pola hidup seorang "pembelajar sejati”. Disusul “Magic Teaching”, "Magic learning for parents", persembahan untuk para guru dan orang tua, dan terakhir "Magic Learning for Kids". (please contact me at 081-2267-5494)

16 Februari 2009

the SQ3R technique

Assalamualaikum wr.wb

Salam untuk anda ...

ada sebuah pertanyaan yang diberikan kepada saya via sms,
(thank for the question) :) sebagai berikut:

"Pekan ini merupakan pekan yang banyak ujian di sekolah,
berkaitan dengan belajar efektif, kalo udah belajar di rumah
apa perlu mengulangi lagi di sekolah, atau tidak usah sama
sekali. Lebih baik yang mana?" +6285291261xxx

Mari saya jelaskan ...

Ada sebuah teknik yang sangat bagus untuk belajar dan review
materi yang telah kita pelajari, teknik ini bergantung pada
kapasitas dan kualitas belajar kita. Teknik tersebut bernama
"the SQ3R techniques" yang terdiri dari 5 bagian, yaitu:
Survey, Question, Read, Recall, Review. Penjelasannya sebagai
berikut:

a. Survey
Melihat dan membaca secara "cepat" dan sekilas materi yang
kamu punya.Jika kamu menguasai teknik "speed reading -
akan dijelaskan pada kesempatan lain" gunakan teknik
tersebut. Tujuan dari aktivitas survey ini adalah
menemukan "clue - kunci" yang berupa fakta, data, ulasan
menarik, dan beberapa hal penting lainnya, sampai akhirnya
dengan cepat kita dapat menemukan "big picture - gambaran
umum" dari apa yang kita pelajari.

b. Question
Setelah survey, lanjutkan dengan merekayasa pertanyaan
yang muncul dari hasil survey yang anda lakukan. Munculkan
pertanyaan sebanyak mungkin dari hasil survey anda. Kadang
sebagian bisa anda jawab, sebagian tidak. Tuliskan daftar
pertanyaan anda pada selembar kertas. Makin banyak
pertanyaan makin baik, karena membuat anda makin fokus.

c. Read
Mulailah anda membaca, "tancap gas" pada hal hal yang
"tidak atau kurang" penting (berdasarkan pertanyaan dan
prediksi anda), "slow down" pada hal hal yang penting.
Gunakan teknik belajar sesuai dengan type pembelajar anda
(kinestetik, visual, dan auditory). Untuk membantu anda
belajar, anda bisa: menambahkan catatan kecil pada buku
yang anda baca, underlining, ticking, mewarnai, dll.
Lakukan pelan, jaga interval belajar anda, perbanyak sesi.

d. Recall
Tahap ini adalah bagaimana anda berusaha memunculkan apa
yang telah anda baca. Variasi cara yang dapat anda
lakukan adalah: melafalkan materi, menceritakan atau
mempresentasikan materi, merekam, konser aktif / pasif,
diskusi, dll, sesuai dengan "type pembelajar" jenis apakah
anda.

e. Review
setelah anda mempresentasikan (dalam proses recall)
materi anda, maka evaluasi apa yang terlewatkan dengan
cara me-review apa yang telah anda baca. Caranya dengan
membaca ulang "hanya" pada bagian penting dan "yang
terlewatkan" oleh anda. Ulang juga bagian bagian penting.
Ingat "mengulang" bukan "menghafal". Mengulang disini,
berarti anda, sudah punya hafalan atau pengertian.

Its SQ3R!!

Saya merasa yakin, teknik ini akan dapat membentuk paradigma
baru. Jika anda mampu melakukan ini secara tuntas ketika
belajar di rumah, maka anda tinggal melakukan pengulangan
proses "recall" di sekolah, dengan cara melakukan diskusi,
bercerita, presentasi, kepada rekan anda di sekolah. Ingat,
pastikan anda sudah punya "hafalan" atau "memory" apa yang
telah anda pelajari, sebelum anda melakukan "recall".

Wallahualam bi shawab...

Thanks anyway

Wassalamualaikum wr.wb

The mindprogressor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar