Powered By Blogger

"the mindprogressor"

Foto saya
Trainer, konsultan, dan enterpreneur pendidikan yang senantiasa produktif menghasilkan karya karya brilliant. Usaha keras, kecepatan dalam belajar dan kemauan membuatnya bergabung Platinum corporation, lembaga konsultan pendidikan. Sampai saat masih menyelesaikan proyek besarnya dalam menulis buku “Magic Learning”, yang akan menjadi tolak ukur pembelajaran, serta pengkondisian lingkungan dan pola hidup seorang "pembelajar sejati”. Disusul “Magic Teaching”, "Magic learning for parents", persembahan untuk para guru dan orang tua, dan terakhir "Magic Learning for Kids". (please contact me at 081-2267-5494)

25 Maret 2009

Membajak fokus otak



pada gambar di atas, otak kiri membaca tulisan, otak kanan membaca warna

Why we not focus??

Assalamualaikum wr wb

Salam hangat untuk anda...

Ada pertanyaan yang sering dilontarkan ke saya terkait kondisi belajar seorang siswa. Kenapa kita tidak bisa fokus dalam belajar? Saya akan berusaha untuk menjawabnya.

Disamping masalah masalah remaja yang mungkin berperan serta dalam mengganggu level konsentrasi dan fokus kita, terdapat penjelasan yang bagus tentang mengapa kita tidak bisa fokus, atau paling tidak, tidak bisa optimal dalam belajar, karena selalu berpikir tentang hal lain.

Otak kita di desain memiliki belahan kiri dan kanan. Kedua belahan ini terhubung oleh suatu jembatan ajaib bernama corpus callosum, yang berfungsi mengkomunikasi dan
mensinkronkan kinerja kedua belahan otak ini.

Ketika kita berpikir aktif,maka otak akan bekerja dan berkoordinasi, gejala kinerja otak dapat diukur dengan alat EEG (Elektro Enchepalo Graph). Dalam satu sesi tes, apabila otak kita dihubungkan dengan alat ini, maka akan terlihat jelas, belahan otak mana yang dominan digunakan untuk berpikir.

Ada komentar, bahwa para seniman, cenderung berpikir dengan menggunakan otak kanannya, dan demikian pula yang diungkapkan Tony buzan dalam banyak bukunya, namun sebenarnya, seniman juga menggunakan otak kiri mereka secara aktif, bahkan kedua belahan otak ini bekerja secara sangat dinamis, dan efeknya adalah sebuah karya yang sangat luar biasa (da vinci, al gebra, orphan pamuk, dll)

Lho, hubungannya dengan belajar apa???

Saya jelaskan, bahwa cara belajar siswa saat ini, didominasi oleh cara belajar yang mengutamakan otak kiri. Menghafal, menulis, membuat grafik, tabel, dan cara cara tradisional lainnya.Ketika cara cara "otak kiri" ini dijalankan, maka otak kanan, akan "terbengkalai" secara tidak langsung.

Karena tidak "dipekerjakan",maka otak kanan akan mengambil peranan juga. Otak kanan akan mengajak kita melakukan pekerjaan yang memang, merupakan kecenderungan otak kanan. Yaitu berimajinasi, ide ide baru, melihat gambaran, memproses dari hal umum, dan lain lain. Dengan kata lain, kita diajak "melamun" dan "berimajinasi" oleh otak kanan. Dan ini merupakan penyebab utama kita tidak bisa fokus secara penuh dalam belajar.

Akibatnya, pikiran kita "dibajak" oleh otak kita sendiri.

Aneh khan???

Tapi memang begitu...

Untuk lain kali akan saya bongkar teknik teknik untuk belajar ala "magic learning", supaya kedua otak kita mampu bekerja secara optimal..dan menjaga agar rentang fokus kita tetap optimal sampai tuntas.

Ok??

Thanks everyone

Wassalamualaikum wr.wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar