Powered By Blogger

"the mindprogressor"

Foto saya
Trainer, konsultan, dan enterpreneur pendidikan yang senantiasa produktif menghasilkan karya karya brilliant. Usaha keras, kecepatan dalam belajar dan kemauan membuatnya bergabung Platinum corporation, lembaga konsultan pendidikan. Sampai saat masih menyelesaikan proyek besarnya dalam menulis buku “Magic Learning”, yang akan menjadi tolak ukur pembelajaran, serta pengkondisian lingkungan dan pola hidup seorang "pembelajar sejati”. Disusul “Magic Teaching”, "Magic learning for parents", persembahan untuk para guru dan orang tua, dan terakhir "Magic Learning for Kids". (please contact me at 081-2267-5494)

31 Maret 2009

The Pygmallion Effect


Asslamualaikum wr wb


Salam hangat untuk anda...

Ada seorang murid yang tertidur di kelas matematika. Begitu ia bangun, ada dua buah soal matematika di papan tulis. Buru buru ia menyalinnya, karena dianggapnya itu merupakan sebuah pekerjaan rumah (PR). Di rumah ia terus menerus berusaha memecahkan soal soal tersebut. Susah dan lama, namun ia senantiasa belajar dan bertanya. Tidak lupa perpustakaan, browsing google, dan lain lain, ia lakukan.

Selang sepekan kemudian, akhirnya ia berhasil memecahkan soal soal tersebut. Lalu 2 pemecahan soal tersebut, ia bawa ke depan meja guru. Sang guru bingung melihat hasil pekerjaan siswanya, sang guru takjub. Karena ternyata, dua soal yang guru tulis kemarin di papan tulis, merupakan contoh contoh soal yang belum terpecahkan oleh siapapun, bahkan oleh sang guru itu sendiri. Sang guru tersenyum dan memberikan ucapan selamat untuk muridnya yang ternyata "genius" itu....

Apa yang terjadi ketika murid ini tidak tertidur dalam kelas, ketika pelajaran matematika??

Niscaya sang murid akan percaya bahwa soal soal tersebut tidak akan bisa dipecahkan, dan tidak berusaha untuk memecahkan soal tersebut..

Namun, karena ia menganggap soal tersebut merupakan sesuatu yang harus dan BISA untuk dipecahkan, maka ia berusaha, dan akhirnya berhasil.

Jadi, terkadang tidur di kelas ada manfaatnya???? :)

Itulah pygmallion effect ...

Apa itu??? Tunggu artikel selanjutnya yaaa..

Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar: